Tips Modifikasi Jok Mobil Yang Tepat

Tips dan cara modifikasi jok mobil. Setiap orang tentu memiliki standar kenyamanan yang berbeda-beda ketika mengendarai mobil, tak terkecuali yang berhubungan dengan interior mobilnya seperti jok mobil. Berdasarkan survey dari majalah otomotif sendiri menyatakan di mana 75% orang dengan mobil barunya, mereka pun langsung memodifikasi bagian jok mobilnya. Hal tersebut dilakukan tak hanya memberikan suasana berbeda berdasarkan karakter dari sang pemiliknya, tetapi pula dapat bermanfaat sebagai pelindung material dari jok orisinil mobil supaya tetap bersih dan awet.

Jok termasuk komponen utama pada interior mobil, jadi wajar jika tak sedikit orang melakukan modifikasi jok pada mobil sebagai tahapan awal melakukan modifikasi interior mobil. Baik modifikasi interior ataupun jok mobil tentu harus sesuai supaya memperoleh perpaduan yang menarik di kabin agar tujuan proses modifikasi pun bisa tercapai berdasarkan keinginan para pemilik mobil. Umumnya pemilik mobil sendiri selalu menginginkan bentuk jok yang aman dan nyaman diduduki ketika di perjalanan. Selain itu, untuk menghias bagian interior mobil mereka pun memastikan membuat modifikasi pada jok mobil agar penampilan interior mobil pun lebih menarik. Dengan begitu mereka pun betah ketika berlama-lama duduk dalam mobil. 
Tips Modifikasi Jok Mobil

Tips Mudah Modifikasi Jok Mobil

Ada beberapa tips modifikasi jok mobil yang perlu Anda perhatikan seperti berikut ini:

1. Pemilihan Material atau Bahan

Ketika hendak memodifikasi bagian jok mobil ini Anda harus memperhatikan pemilihan material atau bahan untuk mengganti jok mobil Anda. Bisa juga dengan menambahkan variasi dengan membungkus jok mobil Anda yang lama. Biasanya ada2 jenis bahan jok mobil, di antaranya kulit sintetis/imitasi dan kulit asli dengan kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Kulit asli biasanya mempunyai tekstur yang adem dan lebih lembut sehingga dapat memberikan kenyamanan untuk penumpangnya. Namun biasanya bahan kulit asli dijual lebih mahal dibanding sintetis/imitasi. Untuk bahan kulit imitasi sintetis umumnya harganya lebih murah degan tekstur, warna dan penampilan yang bervariasi, seperti halnya kulit asli. Hanya saja, kualitasnya jauh lebih rendah dibanding kulit yang asli.

2. Menambah Bentuk Pada Jok Mobil

Cara modifikasi jok mobil berikutnya adalah dengan menambah bentuk pada jok mobil, atau bisa juga cukup dengan mengganti sarung pada jok mobil Anda. Lalu tentukan konsep yang akan diterapkan ketika melakukan modifikasi bagian interior mobil Anda. Seperti konsep sporty, elegan, klasik dan sebagainya, tergantung dari keinginan dan selera Anda. 

3. Melapisi Jok Mobil

Modifikasi jok pada mobil juga bisa dilakukan dengan melapisi jok mobil Anda. Namun cara ini biasanya hanya bersifat untuk melindungi bagian jok yang asli saja terhadap kotoran dengan tidak mengurangi maupun mengganti lapisan jok yang telah ada. Adapun kekurangannya ialah tidak begitu rapi, selain itu jika di pakai hingga 3 tahun umumnya bahan terlihat getas atau pecah-pecah. Bisa juga dengan cara semi bekleed atau bekleed. Di mana semi bekleed sendiri bahan akan ditambah lalu dijahit bersama jok yang asli. Sehingga lapisan dari bawah pabrik masih diperhatikan. Sementara untuk cara bekleed sendiri biasanya banyak dipilih pencinta modifikasi, sebab kulit jok dari bawaan pabrik sendiri benar-benar dilepas kemudian diganti dengan yang baru. 

Dari beberapa tips modifikasi jok mobil di atas, Anda bisa memilih mana yang tepat dan inginkan sesuai selera Anda! (Baca juga: LAMBORGHINI VS FERRARI)

Posted by Mobil Modif
Mobil Modifikasi 2017 Updated at: 9:33 PM

0 komentar

Post a Comment